-->

Menjadi Pengusaha Sukses Itu Faktor Genetik?


Memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha adalah hal yang berani. Sebab, dengan memutuskan untuk menjadi pengusaha, maka seseorang juga siap dengan semua risikonya.
Tetapi, bagaimana jika ternyata menjadi pengusaha sukses disebabkan oleh faktor genetik?. Bukankah semua itu membuat semua usaha seakan sia-sia?. Selain itu, kalau benar kesuksesan dipengaruhi faktor genetik, apakah Anda memiliki gen "sukses" tersebut?.
Sampai saat ini, belum terlalu banyak riset yang meneliti hubungan antara genetika dengan kesuksesan dalam berusaha. Meskipun begitu, beberapa riset, meskipun masih terfragmentasi, dapat menjadi acuan untuk menyimpulkan apakah menjadi pengusaha sukses disebabkan faktor gen atau tidak.
Beberapa fakta tersebut, seperti yang dikutip dari Yahoo Small Business pada Jumat (6/2/2015), adalah sebagai berikut:
  • 37-48 persen kecenderungan untuk memilih menjadi seorang pengusaha adalah karena faktor genetik.
  • Kecenderungan untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru terdapat juga dalam gen.
  • Kemampuan berbisnis juga diwariskan, dalam arti bahwa genetika tidak hanya mempengaruhi kecenderungan untuk memilih bisnis, tetapi juga kemampuan untuk melakukan hal itu.
  • Sifat-sifat yang mendukung bisnis sukses, seperti memiliki kepribadian ekstrover memiliki komponen genetik. Artinya, gen dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk menjadi pengusaha dengan mempengaruhi jenis kepribadian yang berkembang.
Adapun yang perlu dicatat dalam beragam temuan di atas adalah, data yang dimiliki masih sangat terbatas untuk menyimpulkan lebih jelas antara aspek bisnis dan aspek biologis. Namun, penelitian di atas memang merupakan studi yang paling otoritatif hingga saat ini.

LihatTutupKomentar