Wednesday, March 2, 2016

Ini Dia LiFi Teknologi Masa Depan Pengganti WiFi

Ini Dia LiFi Teknologi Masa Depan Pengganti WiFi - Jika sobat semuainfo akrab dengan teknologi jaringan nirkabel yang biasa disebut WiFi, yang biasa sobat pakai untuk untuk jaringan internet mungkin sebentar lagi akan ketinggalan zaman.
Lho, kok bisa WiFi akan ketinggalan zaman sebentar lagi? Pasalnya saat ini telah ada teknologi yang digadang-gadang akan menggantikanya di masa depan yang sampai saat ini masih diuji dan dikembangkan? Teknologi itu di beri nama mirip Wi-Fi yaitu Li-Fi, Teknologi wireless baru bernama Li-Fi ini memungkinkan transfer data 100x lebih cepat dibandingkan teknologi Wi-Fi saat ini.
Sungguh penemuan yang luar biasa ya sob? Dengan adanya Li-Fi ini suatu saat nanti kita tidak perlu kawatir akan lambatnya transfer data pada jaringan nirkabel yang kita gunakan.

Seperti yang telah disebutkan diatas, Li-Fi adalah sebuah teknologi baru dalam bidang teknologi komunikasi nirkabel 2 arah dengan kecepatan tinggi, sama halnya seperti Wi-Fi.

Pembuatan Teknologi Li-Fi dimotori oleh Prof. Harald Haas sejak tahun 2011, pada prinsipnya LiFi menggunakan Visible Light Communication (VLC), data dikirim antara jaringan dengan lampu LED yang berkedip sangat cepat.

Teknologi ini memiliki suatu keterbatasan utama, karena teknologi ini sangat tergantung pada cahaya sehingga tidak dapat menembus dinding.




Sobat tentu saja bisa bayangkan, dengan teknologi ini suatu saat kita tidak akan khawatir lagi jika ingin mengirim gambar, video, dan file yang berukuran besar melalui jaringan nirkabel, karena pada era Wi-Fi saat ini pengiriman data besar menjadi masalah utama karena akan memakan waktu yang sangat lama.
Nah, sebagai penikmat alias konsumen teknologi kita tentu saja sudah tidak sabar ingin menikmati layanan dan teknologi Li-Fi ini, tapi tentu saja sobat harus menunggu hingga teknologi ini benar-benar dibakukan dan diproduksi secara masal, selain itu tentu saja harus diterima oleh semua kalangan, mengingat ada keterbatasan utama yang dimiliki oleh teknologi ini, yaitu tidak mampu menembus dinding.


No comments:

Post a Comment