Sunday, July 27, 2014

Amankan Salat Idul Fitri, Masjid Istiqlal Siapkan Pintu Security Check

Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri. Pantauan di lokasi, Jalan Lapangan Banteng, Jakpus, Minggu (27/7/2014), sejumlah tenda telah terpasang di halaman-halaman. Tepatnya di tiap-tiap pintu masuk masjid. Selain itu juga telah terpasang pintu security check di setiap pintu.

"Security check sudah dipasang. Kalau hari biasa hanya 2 tapi sekarang di semua pintu. Kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, H Mubarok kepada detikcom di Masjid Istiqlal.

Beberapa kru dari media-media TV pun juga telah mempersiapkan peralatannya untuk mengambil gambar live saat salat Id besok. Mereka tampak memasang kabel-kabel dan sejumlah alat lainnya.

Untuk pengamanan, Istiqlal menyerahkan seluruhnya kepada aparat TNI/Polri yang seperti biasa bertugas mengamankan Istiqlal saat hari-hari besar. Meski begitu, untuk saat ini belum terlihat para personel berjaga di sekeliling Masjid.

"Mereka sudah ada protabnya. Mereka yang akan atur juga kalau parkiran di Masjid Istiqlal penuh. Nanti akan diarahkan ke tempat-tempat terdekat. Persiapan juga sama seperti sebelum-belumnya. Sudah jauh-jauh hari kita siapkan," Mubarak menuturkan.

Untuk pelaksanaan salat Id sendiri, pihak Masjid Istiqlal masih menunggu hasil pengumaman sidang Isbat. Kemenag akan menggelar sidang Isbat sore nanti.

"1 Syawal kita menunggu pengumuman Menteri Agama nanti magrib ada sidang Isbat di Kemenag," tutup Mubarok.

No comments:

Post a Comment